Sunday, May 6, 2007

nanya...cara install...windows xp pada hdd sata...

miiisi...gw lg ada problem nich...mudah2an ada yg berbaik hati mo nge-bantu...

hr ini sabtu, gq dpt telp dr tmen gw [taz]...dia nanya k gw... [ceritanya gini] ...
dia abizzz beli laptop...truzzz OS (operating system) bawaannya Windows Vista (udah di install dari sononya...), berhubung sesuatu hal (ndak tau knapa...) pengen downgrade os (install Windows XP)...

nah...yang jadi masalah...tu laptop (yang masih anyar alias baru alias grezzz) harddisknya SATA bukan ATA/PATA/IDE (atau apalah sebutannya), pas mau di install (clean install / install ulang) , cd Windows XP-nya ga mau (ngambek kali...) ngedetect (baca) tu HDD (harddisk).

soo...gw nyari dach info tentang si "Windows XP & Harddisk SATA" gmana cara nyatuin mereka berdua (instalasi Windows XP pada Harddixk SATA)...(padahal gw ga ada bakat jadi mak comblang...alahhh...)

googling2 sana-sini (jalan2 di internet bari cuci mata dikit), gw ktemu 2 cara (solusi) yang paling umum (sering) yaitu;
  • settingan buat harddisk SATA di BIOS diaktifkan (kalo ga salah berhubungan dengan RAID controller)
  • pada saat instalasi Windows XP, ketika ada dialog "jika butuh install driver dari pihak ketiga...bla...bla..." (lebih kurang translatenya gitu) tekan F6 (maksudnya iya mau install driver)
tetapi...ternyata dewi fortuna tidak berpihak padanya...(padahal gw dach googling2 sana-sini...bukan guling2)...

jadi truzzz...yach [gitu dech ceritanya]...
gw juga bingung...bengong...geleng2...!@#$%^&*()_+...lieur...
makanya gw posting dsini...sapa tau ada yang tau truzz mo ngasih tau...

~kalau pusing atawa lieur gara2 baca ini sorry yach...
(klo bisa jgn ktularan jadi lieur dech...gw ga mo tanggung jawab)

4 komentar:

Anonymous said...

eheee... pusing tapi gak sampe lieur...

gw pelajarin dulu ah, kekna bakal bermanfaat nih infonya ;)

Anonymous said...

Pake Program nLite, semoga membantu OK. tutornya banyak.

reyfan said...

dari cd sourcenya ada driver sata raid,copy folder driver satanya ke flash disk. kemudian drive utk cd kebaca sedangkan utk hdd belum . selanjutnya????????

saya juga masih nyari caranya neeh.

klo ketemu solusinya bagi bagi yaaa

Anonymous said...

g dah berhasil, copy sataraid ke flashdisk. masukkkan cd windows.
ketika diminta driver, pilih lokasi file driver di flashdisk.
(drive usb langsung terbaca,sebelum install driver yg muncul drive X)
selamat mencoba....

Arsip Blog

 

© 2009 -betiga-lho! | Blogger Template Designed by Choen | Using The 1KB Grid | Powered by Blogger